Untuk membuat segi empat dengan pemrograman C++ dan library OpenGL, digunakan GL_QUADS.
Contoh program selengkapnya adalah seperti di bawah ini
#include “stdafx.h”
#include <GL/glut.h>
#include <GL/glut.h>
void Tampilan (void)
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1,0,0); //memberi warna merah pada obyek
//Membuat segi empat dengan terlebih dahulu menentukan titik-titik koordinatnya
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2f(-0.6,0.0);
glVertex2f(-0.1,0.0);
glVertex2f(-0.1,0.6);
glVertex2f(-0.6,0.6);
glEnd();
glFlush();
glutSwapBuffers();
}
glBegin(GL_QUADS);
glVertex2f(-0.6,0.0);
glVertex2f(-0.1,0.0);
glVertex2f(-0.1,0.6);
glVertex2f(-0.6,0.6);
glEnd();
glFlush();
glutSwapBuffers();
}
void main(int argc, char **argv)
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(600,400);
glutCreateWindow(“Membuat Gambar Segi Empat”);
glutDisplayFunc(Tampilan);
glutMainLoop();
}
{
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutInitWindowSize(600,400);
glutCreateWindow(“Membuat Gambar Segi Empat”);
glutDisplayFunc(Tampilan);
glutMainLoop();
}
Jika program diatas dieksekusi, maka tampilannya adalah seperti gambar dibawah ini
Catatan :
- glColor3f memiliki 3 parameter, yaitu red, green dan blue. Sehingga format penulisannya adalah glColor3f(red,green,blue) yang nilainya diantara 0 sampai 1. Jika di set 0 semua maka menghasilkan warna hitam dan jika di set 1 semua maka menghasilkan warna putih. Untuk mendapatkan warna yang lain, gunakan kombinasi nilai red, green dan blue
- glColor2f memiliki dua parameter yaitu nilai titik koordinat x dan y

0 Response to "Membuat Segi Empat [Open GL]"
Posting Komentar
Tulis komentar mu